Kamis, 09 Januari 2014

Jika ke Kupang, NTT, jangan lupa belanja tenun ikat, daging se'i, dan abon sebagai oleh-oleh.

KUPANG – Siapa bilang Kupang, Nusatenggara Timur, hanya punya sasando dan miniatur alat musik tradisional itu sebagai buah tangan.  Ibu kota provinsi di timur Nusantara itu juga punya beragam tenunan ikat dan produk berbahan tenunan serta makanan khas dan yang layak dicoba karena memiliki rasa yang unik dan menggoda selera. Berikut, lima penganan khas NTT yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota dengan teluk dan pantai yang menawan ini.

Tenun Ikat
Anda dapat membawa pulang beragam tenunan ikat NTT dalam bentuk tas, selendang, dompet, sajadah, dan kain. Tenunan NTT terkenal dengan motif yang beragam dan unik serta variasi warna yang gelap hingga secerah mentari. Anda dapat membeli di toko-toko suvenir atau membeli langsung dari pedagang kain dan  berbagai aksesoris tradisional yang juga sering nongkrong di beberapa toko khusus.

Daging Se'i
Se'i atau daging asap khas Timor sudah terkenal sejak zaman Belanda. Daging yang diproses dengan kayu bakar kosambi ini memiliki rasa asap yang khas dan sering menjadi buah tangan primadona. Selain daging sapi, se'i babi dan ikan juga menjadi favorit para pendatang maupun penduduk lokal. Daging se'i dapat dibeli dalam bentuk segar di pasar maupun beku di pasar swalayan.

Abon
Ada 15 perusahan abon di Kupang. Jadi, Anda bisa memilih abon sesuai warna, tekstur dan tentu saja rasanya. Abon Kupang enak karena menggunakan daging sapi khas Timor yang memiliki serat yang halus

Jagung
Pemerintah setempat menetapkan NTT sebagai provinsi jagung. Itulah yang membuat berbagai produk olahan jagung marak sebagai jajanan khas. Anda dapat memilih jagung titi khas Flores Timur--baik mentah maupun yang sudah digoreng. Emping jagung manis pedas atau rasa asing juga bisa menjadi buah tangan yang khas yang dibawa pulang dari Kupang
Dendeng Kupang juga terkenal karena rasa manis dan bumbu-bumbunya yang khas. Agar awet dendeng dapat dimasukkan ke dalam kulkas dan digoreng cepat dalam api sedang.

Ikan Asin
Berada di wilayah pantai, Kupang kaya akan ikan laut segar dan ikan asin. Selain bersih, ikan asin di Kupang juga terkenal murah. Anda juga dapat membawa pulang berbagai jenis ikan asin, termasuk ikan paus, di pasar-pasar ikan di Kupang

 Lu'at
Lu'at adalah sambal khas Timor yang berbahan dasar cabe, bawang putih, garam, potongan jeruk nipis dengan kulitnya, dan daun kemangi. Semakin lama disimpan, sambal yang pedas ini semakin enak. Lu'at juga kini dijual dengan menggunakan belimbing sebagai pengganti jeruk  nipis dan daun kemangi.

Asam
Para pendatang banyak membawa pulang asam Timor sebagai oleh-oleh. Selain lebih dagingnya lebih hitam dan tebal, asam Kupang juga murah dibandingan dengan asam-asam lain. Selain asam mentah, asam Kupang juga diolah sebagai  manisan dengan variasi pedas dan sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar